Cara Mudah Membuka Console Terminal Atom

Sebelum saya mengulas pembahasan bagaimana cara membuka console terminal atom, apakah kamu tahu apa itu atom? Atom merupakan salah satu aplikasi text editor open source terbaik yang ada saat ini, bersaing bersama aplikasi text editor lain seperti Notepad++, Sublime Text, Visual Code Studio, Komodo Edit, Bluefish, VIM, Emacs, Geany, dan Brackets.

Nah dari beberapa aplikasi text editor diatas mungkin yang paling sering kita jumpai adalah notepad++ dan sublime text benar bukan? Namun tahukah kamu bahwa saat ini ada satu aplikasi text editor terbaik yang bisa di dapatkan secara gratis tanpa harus membeli lisensi dari aplikasi ini yakni Atom.

Atom adalah aplikasi text editor gratis yang dapat di install di semua sistem operasi seperti Linux, Windows, dan juga Mac OS X. Sebelumnya saya lebih cenderung suka menggunakan notepad++ atau sublime text untuk mengedit sebuah koding, namun setelah saya mencoba menggunakan atom maka pilihan terbaik yang saya gunakan saat ini adalah atom.

Selain gratis Atom juga memiliki tampilan yang simpel dan elegan tidak kalah saing dengan Sublime Text, dari segi desain juga terlihat unik dan memiliki banyak fitur yang dapat digunakan dengan mudah untuk semua pengguna Atom.

Atom juga tersedia dengan berbagai bahasa yang dapat digunakan, selain itu jika kamu membutuhkan sebuah fitur tertentu untuk memudahkan pekerjaan kamu bisa dengan mudah menginstall fitur tersebut pada menu plugin di aplikasi atom.

Lantas fitur apa saja yang tersedia di aplikasi text editor atom? Untuk saat ini ada beberapa fitur unggulan yang tersedia di aplikasi atom yang saya ketahui sejauh ini yakni fast project-wide, fuzzy finder, web based, TextMate grammars, integrasi dengan Node.js dan masih banyak lagi fitur unggulan lain yang tak kalah hebat dari aplikasi text editor lain.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di YouTube (Laptop/Mobile)

Bila kamu ingin mencoba menggunakan aplikasi text editor yang satu ini, kamu bisa dengan mudah memilikinya dengan mengunjungi halaman berikut.

Namun, ada beberapa pertanyaan yang kerap kali muncul bagi pengguna baru atom yakni bagaimana cara menampilkan terminal atom? Pada dasarnya semua aplikasi yang dibuat sudah memiliki fitur tersendiri untuk mempermudah user dan salah satunya adalah fitur terminal pada atom.

Untuk menampilkan console terminal atom kamu harus menginstallnya terlebih dahulu, bagaimana caranya? Langsung saja cek cara install terminal atom dibawah ini.

Cara Install Terminal Atom

1. Buka terminal pada direktori file saat ini :

ctrl-shift-t

2. Buka terminal di direktori root proyek :

alt-shift-t

3. Install Atom Terminal :

apm install atom-terminal

4. Config :

"atom-terminal":
# only necessary if standard config doesn't find terminal app
app: "/path/to/your/favorite/terminal"
args: "--useThisOptionWhenLaunchingTerminal"

Cara Membuka Console Terminal Atom

Sumber tutorial :

Demikian tutorial ini saya buat dengan sebaik-baiknya dengan tujuan utama dapat membantu teman-teman yang sedang membutuhkan, itu saja semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman semua dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.