Cara Reset Printer Epson L310 Saat Mengalami Masalah dan Error

Cara reset printer Epson l310 dapat Anda lakukan setelah membaca artikel ini. Mari cari tau terlebih dahulu tentang printer Epson L310. Printer Epson L310 merupakan printer yang memiliki penjualan terbanyak di Indonesia.

Printer Epson L310 merupakan printer versi lama. Saat ini Epson telah mengeluarkan printer Epson L310 versi terbaru yaitu printer Epson L3110 Ecotank series.

Masalah Pada Printer Epson L310

Printer Epson L310 termasuk printer yang jarang mengalami masalah, akan tetapi apabila Anda sudah menggunakannya untuk mencetak sekitar 6000 lembar maka akan muncul peringatan Error It is nearly time to reset ink levels atau a printer’s ink pad nearing the end of its service life.

Masalah ini muncul dengan tanda lampu indikator pada printer mengalami kedip dan muncul notifikasi Layanan Diperlukan Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir.

Baca Juga:   Kupas Tuntas Cara Reset Printer Epson L210 Adjustment Program

Jika hal-hal tersebut sudah terjadi pada printer Epson L310 Anda maka, Anda harus sedikit melakukan perbaikan pada printer Anda dengan mengecek bantalan tinta yang ada dalam printer dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, bukalah bagian tangki pembuangan printer. Anda dapat membuka baut yang berada di bagian bawah printer. Perlu diingat untuk tidak membalik printer saat membuka bagian tersebut karena dapat membuat tinta tumpah dan dapat merusak printer.
  2. Jika sudah terbuka, Anda dapat mengecek busa yang ada di dalam printer. Apakah sudah cukup kotor. Jika busa masih terlihat putih maka Anda tidak perlu mengganti atau mencuci busa tersebut. Anda hanya perlu melakukan reset pada printer Epson L310 Anda.

Cara Reset Printer Epson L310

Setelah melakukan pengecekan terhadap bantalan tinta, Anda dapat melakukan reset pada printer L310 Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, cari file aplikasi Resetter Anda pada perangkat komputer Anda. Biasanya file bernama adjprogcracked.exe, klik kanan pada ikon tersebut lalu pilih run as administrator. Saat Anda membuka aplikasi ini, Anda perlu menonaktifkan terlebih dahulu antivirus pada perangkat komputer Anda.
  2. Kemudian langkah selanjutnya pilih menu select dan pilih printer Epson L310 Anda. Dalam memilih printer yang akan di reset jangan sampai salah. Setelah itu klik Ok.
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru, pilih menu Particular adjustment mode lalu klik menu waste ink pad counter pada pilihan maintenance. Kemudian klik Ok.
  4. Setelah itu klik tombol check.
  5. Pada jendela berikutnya beri centang pada kotak main pad counter.
  6. Kemudian klik tombol initialization dan tunggu prosesnya beberapa saat. Jika terjadi error, maka matikan komputer dan nyalakan kembali.
  7. Jika proses telah selesai maka akan muncul notifikasi Turn off printer. Matikan printer Anda terlebih dahulu kemudian klik finish.
  8. Matikan sekali lagi printer Anda lalu nyalakan ulang.
  9. Printer Epson L310 Anda siap digunakan.
Baca Juga:   Cara Ganti Cartridge Epson L3110 Termudah, Tak Perlu Bawa Ke Tempat Service!

Anda harus memantau dan menjaga kondisi printer Anda agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Cek kondisi printer Anda mulai dari bagian fisik printer seperti kondisi bantalan printer dan juga cartridge. Pastikan bantalan tinta printer tetap bersih agar printer dapat bekerja dengan baik.

Pastikan juga cartridge terpasang sempurna dan dapat terbaca oleh printer.

Seringkali masalah pada cartridge menyebabkan warna pada tinta tidak dapat muncul saat dicetak karena mengalami kesalahan saat pemasangan cartridge.

Itulah cara reset printer Epson L310 dan beberapa tips menjaga printer anda agar dapat Anda gunakan dengan baik dan mampu membantu pekerjaan Anda.

Baca Juga:   Cara Koneksi Wifi Printer Epson L5190 Paling Mudah di Lakukan!

Leave a Comment