Kupas Tuntas Cara Reset Printer Epson L210 Adjustment Program

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara reset printer Epson L210 adjustment program. Reset printer Epson dibutuhkan jika printer yang Anda gunakan mengalami kendala atau error saat sedang digunakan.

Epson L210 merupakan printer keluaran tahun 2012. Meskipun sudah cukup jadul dan sudah tidak diproduksi lagi oleh Epson, hingga sekarang printer tipe ini masih cukup banyak dicari dan digunakan di Indonesia.

Sama halnya seperti printer lain pada umumnya, printer Epson L210 juga tidak bisa lepas dari permasalahan-permasalahan yang muncul saat sedang digunakan.

Sering kali yang terjadi adalah, pengguna tanpa disadari melakukan printing tanpa memperhatikan kondisi printer sehingga printer mengalami kendala atau error.

Masalah yang biasa muncul seperti kehabisan tinta, kertas yang menyangkut di roller atau paper jam, catridge yang meluber atau kotor, hingga masalah yang mengharuskan Anda melakukan reset printer.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Printer Error Operation Could Not Be Completed

Biasanya, printer yang perlu di-reset menampilkan tanda berupa lampu di sisi printer yang terus berkedip tidak seperti biasanya atau muncul pesan error di PC Anda.

Jika hal ini terjadi tidak perlu panik. Anda bisa dengan mudah melakukan reset pada printer dengan langkah-langkah berikut ini.

Cara Reset Printer Epson L210 Adjustment Program

Reset pada printer bertujuan untuk mengembalikan pengaturan printer seperti sedia kala. Untuk melakukan reset pada Epson L210, Anda bisa melakukannya dengan dua cara.

Reset dengan Cara Manual

Me-reset dengan cara manual dapat dilakukan dalam beberapa langkah:

  1. Hentikan semua kegiatan mencetak di PC Anda lalu matikan printer. Setelah itu, cabut kabel printer dan biarkan selama setidaknya 5 menit untuk memastikan tidak ada listrik di printer Anda.
  2. Setelah didiamkan, pasang kembali kabel lalu nyalakan kembali printer Anda.
  3. Tekan tombol Resume (logo tinta di sisi printer) selama 5 detik dan lepaskan.
  4. Tekan kembali tombol Resume selama 3 detik dan lepaskan.
  5. Dengan sendirinya printer akan melakukan reset otomatis. Jika berhasil lampu pada sisi printer akan berhenti berkedip dan printer bisa digunakan kembali.
Baca Juga:   Cara Mengatasi Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan, Super Mudah Kok!

Reset dengan Aplikasi/Software

Ada kalanya reset tidak bisa dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan aplikasi atau software tambahan untuk melakukan reset printer. Untuk melakukan reset menggunakan aplikasi/software, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh perangkat lunak Resetter Printer Epson L210 terlebih dahulu.
  2. Setelah diunduh, ekstrak file lalu jalankan program resetter dengan men-double click pada ikon Adjprog.exe.
  3. Ketuk tombol ‘Select’ lalu pilih tipe printer Epson L210 pada kotak Model Name. Pilih pilihan Auto Selection pada kotak  Port di bawah, lalu tekan OK.
  4. Ketuk tombol ‘Particular Adjustment Mode’ di sudut kanan bawah dan pilih menu Waste Ink Pad Counter pada bagian ‘—-Maintenance—-‘.
  5. Lalu tekan OK.
  6. Centang bagian ‘Main Pad Counter’ lalu tekan ‘Check’. Printer kemudian akan memberikan info mengenai printer seperti sudah berapa banyak proses pencetakan dilakukan oleh printer.
  7. Setelah selesai, ketuk tombol ‘Initialization’ di bagian bawah. Pastikan ‘Main Pad Counter’ sebelumnya masih dalam keadaan tercentang.
  8. Tunggu proses reset hingga muncul perintah Please turn on and turn off your printer. Matikan dan nyalakan kembali printer Anda sesuai perintah. Selesai.
Baca Juga:   Cara Ganti Cartridge Epson L3110 Termudah, Tak Perlu Bawa Ke Tempat Service!

Begitulah cara reset printer Epson L210 Adjustment Program dengan cara manual dan dengan bantuan software.

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba.

Leave a Comment