Cara Reset Printer Brother DCP-T710W yang Bermasalah dan Terjadi Error

Untuk cara reset printer brother DCP-T710W bisa kamu lakukan sendiri atau membawanya ke service printer. Printer brother adalah salah satu jenis printer yang memiliki jenis dan model, yang masing-masing memiliki fasilitas yang berbeda.

Salah satu jenisnya adalah printer brother DCP T710W.

Seperti printer lainnya, seringkali muncul masalah pada printer jenis ini, seperti kerusakan pada roller, cartridge yang tidak terbaca, kertas yang menyangkut, dan masalah yang lainnya.

Biasanya jika terjadi masalah, akan muncul kode error pada layar LCD yang menandakan printer sedang error. Kendala tersebut harus segera diperbaiki.

Cara Reset Printer Brother DCP-T710W Beserta kode errornya

Nah, di bawah ini adalah macam-macam kode error pada printer brother beserta solusi memperbaikinya.

Kode Error 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 3c, 3f 

Kode ini muncul akibat kertas yang tersangkut. Apabila masih tetap error walaupun telah mencoba mengeluarkan kertas yang tersangkut, mungkin di dalam printer masih ada sisa-sisa sobekkan kertasnya.

Baca Juga:   Cara Reset Printer Brother DCP T-300 untuk Masalah ‘Ink Box Full’

Cara memperbaikinya yaitu dengan membuka tutup printer dan tutup bagian belakang. Carilah sobekan-sobekan kertas yang tertinggal, jika terlalu gelap gunakanlah senter.

Lalu ambil remahan kertas tersebut secara perlahan, agar tidak ada bagian yang rusak.

Kode Error 40, 42, 43, 44  

Masalah yang ditimbulkan dengan adanya kode ini adalah karena tingginya temperatur di dalam printer.

Hal ini biasanya terjadi karena printer ditaruh di dalam ruangan yang terlalu sempit atau terkena sinar matahari langsung.

Cara memperbaikinya dengan membuka bagian-bagian tutup printer, lalu tunggulah beberapa saat hingga suhu panasnya keluar.

Pastikanlah printer tidak terkena sinar matahari. Apabila sudah mendingin, nyalakanlah kembali printernya.

Kode Error 46 

Timbulnya kode ini dikarenakan sudah penuhnya tempat pembuangan tinta, sehingga busa penahannya harus segera diganti. Untuk memperbaikinya yaitu buang tinta dalam tangki, lalu gantilah busa penahan tintanya. Bisa juga dengan mereset printer.

Kode Error 48, 4f 

Kode ini terjadi karena head printer yang tersangkut, sehingga tidak bisa bergerak bahkan rusak total. Untuk kendala ini sangat rumit jika diperbaiki sendirian. Maka dari itu, lebih baik dibawa ke service printer untuk segera ditangani.

Baca Juga:   Cara Reset Cartridge Printer Canon IP2870 Paling Mudah Dilakukan

Kode Error 49

Kode ini muncul karena rendahnya suhu dalam printer. Hal ini terjadi karena printer diletakkan di dalam ruangan ber-AC. Untuk memperbaikinya yaitu dengan memindahkan printer ke ruangan yang mempunyai suhu normal. Apabila suhu printer telah normal, bisa kamu gunakan kembali.

Kode Error 50, 51, 52, 57, 5a, 5b, 5d, 5e

Kode yang timbul karena tersangkutnya kertas di sensor printer. Hal itu akan membuat sensor kotor bahkan rusak, sehingga printer tidak dapat bekerja normal.

Cara memperbaikinya yaitu dengan membersihkan kertas-kertas yang tersangkut. Bersihkan juga bagian encoder strip di bagian belakang printer jika belum bisa digunakan.

Kode Error 8f

Kode ini muncul karena adanya gangguan di bagian penarik kertas. Biasanya terjadi karena penarik kertasnya kotor atau sudah rusak. Maka dari itu, bersihkanlah printer dengan teratur, agar selalu terhindar dari kotoran dan debu yang menempel.

Baca Juga:   Cara Reset Printer HP Ink Advantage 2135 yang Mengalami Error Blinking

Kode Error a5, a6, a8, af

Terjadi karena adanya kerusakan pada salah satu komponen sparepart printer, seperti kabel, lampu scanner, atau komponen lainnya.

Untuk itu, segeralah bawa printer ke tukang service printer untuk diperbaiki.

Kode Error e2, e3

Kode ini muncul karena masalah pada motherboard utama pada printer. Biasanya kerusakannya cukup serius, seperti ada bagian yang terbakar karena ada percikan air yang masuk ke printer. Cara memperbaikinya dengan mengganti motherboard yang baru.

Akan tetapi apabila masih ragu, kamu bisa membawanya ke tukang service printer.

Begitulah beberapa kode error dan cara reset printer brother DCP-T710W dengan benar. Rawatlah printermu dengan rutin, supaya tetap awet dalam penggunaannya.

Semoga membantu.

Leave a Comment