Cara Mengatasi Printer Epson Error Setelah Isi Tinta, 100% Berhasil!

Cara mengatasi printer Epson error setelah isi tinta pasti dicari oleh banyak orang, terutama mereka yang menggunakan printer Epson. Tentu hal seperti ini tidak bisa diabaikan karena berpotensi merusak printer Epson yang Anda miliki secara permanen.

Disamping itu, adanya kesalahan setelah mengisi tinta dapat merupakan tanda bahwa Anda tidak mengikuti langkah yang seharusnya dilakukan.

Bisa saja, tinta yang Anda isi melebihi batas yang telah ditentukan oleh printer Epson tersebut. Yang kemudian, menyebabkan tinta yang kelebihan tersebut kemudian menguap dan membasahi bagian dalam atau mesin printer Anda.

Karena hal tersebut, mesin printer jadi terhalang cairan tinta dan tidak bisa menjalankan fungsinya. Mungkin terlihat normal, namun kerusakannya bisa fatal.

Jika Anda sedang mengalami hal seperti yang telah disebutkan, Anda harus mengetahui bagaimana mengatasi printer Epson yang tidak berfungsi setelah terisi tinta.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Printer Error Operation Could Not Be Completed

Untuk mengetahui langkah lebih jelasnya, Anda dapat membaca penjelasan yang telah kami sediakan berikut ini.

Cara Mengatasi Printer Epson Error Setelah Isi Tinta Secara Manual

Dalam mengetahui problem atau permasalahan yang ada ketika printer Epson tidak berjalan saat selesai isi tinta, Anda harus memahami perangkat lain yang terhubung dengan tinta.

Biasanya hal tersebut tidak jauh-jauh dari cartridge atau mesin printer Epson itu sendiri.

Untuk mengembalikan fungsi printer Epson seperti semula, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Tekan tombol power di printer Epson Anda
  2. Kemudian, tunggu proses warming up printer seperti yang biasa dilakukan
  3. Buka salah satu dokumen kemudian cetak 1 lembar saja
  4. Lalu, lihat apakah terdapat pemberitahuan terkait printing. Dari situ, Anda bisa mengetahui kesalahan yang terjadi di printer Anda
  5. Jika error dikarenakan tinta yang tidak sesuai, maka Anda dapat menguras tinta dan mengisi tinta dengan warna yang habis. Perhatikan juga cara mengisi tinta, jangan sampai tinta terlalu banyak diisi
  6. Jika error dikarenakan cartridge yang kotor atau cartridge yang salah pasang, maka Anda dapat membersihkan bagian yang kotor dan menaruh ulang cartridge yang salah pasang
Baca Juga:   Cara Reset Printer Epson L3110 Manual dan Tips Merawatnya

Cara Mengatasi Printer Epson Error Setelah Isi Tinta Dengan Reset

Setelah melakukan langkah-langkah seperti yang sudah disebutkan, Anda juga bisa mengatasi printer Epson yang bermasalah setelah isi tinta dengan melakukan reset.

Untuk melakukan reset, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, cabut kabel printer yang tersambung ke stop kontak. Tunggu 3 – 6 menit
  2. Kemudian, nyalakan kembali printer dan tekan tombol power bersamaan dengan tombol resume yang berlogo tinta. Tahan 3 – 6 detik, kemudian lepas secara bersamaan
  3. Tekan lagi kedua tombol tersebut sampai 3 detik, lalu lepaskan secara bersamaan
  4. Lalu, cek apakah printer sudah berfungsi dengan mencoba mencetak dokumen
  5. Jika printer masih belum berfungsi, Anda bisa mencoba melakukan servis printer secara pribadi atau kepada orang yang paham cara servis printer
Baca Juga:   Inilah Cara Koneksi Wifi Printer Epson L405 Yang Mudah Untuk Diikuti

Setelah mengetahui alasan dan cara memperbaiki printer Epson yang bermasalah setelah isi ulang, Anda dapat bisa langsung mempraktekannya pada printer Epson Anda.

Lakukan langkah-langkah yang telah dituliskan sesuai dengan urutannya.

Disamping itu, berikan juga perawatan pada printer Epson Anda. Cek secara berkala apakah printer Anda sedang mengalami masalah apa tidak.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan printer.

Semoga penjelasan tentang cara mengatasi printer Epson error setelah isi tinta ini berguna untuk Anda.

Leave a Comment