Unlock dan Root STB IndiHome ZTE/Huawei

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya berikan ke beberapa teman saya yang bertanya seputar jaringan IndiHome terutama tentang bagaimana cara root STB IndiHome.

Beberapa hari lalu salah satu teman saya bertanya mengenai permasalah IndiHome yakni bagaimana cara unlock STB IndiHome yang tidak terpakai? menurut saya pertanyaan yang di ajukan teman saya ini sangatlah mudah karena saya sendiri sudah sangat familiar dengan cara teknis yang dimaksud.

Nah, apa itu STB? STB adalah singkatan dari SET TOP BOX, kamu dapat melihat benda ini jika kamu berlangganan paket internet dan tv. STB berwarna hitam berbentuk kecil yang menghubungkan antara televisi dan monitor, selain itu STB juga dapat terhubung dengan android yang kamu gunakan.

Berikut adalah penampakan dari STB IndiHome yang perlu kamu lihat terlebih dahulu:

STB IndiHome

Perlu kamu ketahui bahwa perangkat STB ini menggunakan sistem operasi yang sama dengan android, sehingga aplikasi ini dapat di install di smartphone android mana saja yang kamu gunakan. Namun kamu tidak dapat dengan leluasa menginstall aplikasi ini karena aplikasi ini bersifat privat dan di kunci oleh pihak Telkom.

Lantas bagaimana cara mendapatkan STB IndiHome ini? apakah boleh menggunakan STB baru ketika berlangganan? Saya sarankan untuk kamu yang baru berlangganan untuk tidak mengikuti tutorial unlock STB ini.

Kamu dapat mengikuti tutorial ini ketika kamu sudah berhenti berlangganan paket IndiHome, karena ketika sudah berhenti berlangganan pihak IndiHome tidak akan mengambil lagi STB dan juga modem yang kamu sewa tersebut.

Perangkat STB yang di tidak di ambil pihak IndiHome tersebut sejatinya tidak dapat digunakan lagi, karena kamu tidak dapat menginstall aplikasi apapun atau menghubungkannya ke tv. Tapi, kamu dapat menggunakan STB tersebut jika kamu sudah melakukan unlock agar dapat di install kembali aplikasi lain seperti Youtube dll.

Lantas bahan apa saja yang di perlukan untuk melakukan root STB IndiHome?

  • Komputer/Laptop OS Windows
  • Kabel USB
  • STB IndiHome
Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di YouTube (Laptop/Mobile)

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan root STB ini? Waktu yang dibutuhkan untuk unlock STB IndiHome berkisar 30-40 menit saja tidaklah lama ya teman-teman.

Cara Unlock dan Root STB IndiHome

1. Install Aplikasi USB Burning Tools

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstall aplikasi USB Burning Tools di Laptop atau komputer yang kamu gunakan.

Download USB Burning Tools

2. Install Aplikasi Amlogic Driver

Aplikasi kedua yang perlu kamu install adalah Amlogic Driver. Download aplikasi Amlogic Driver pada link yang sudah kami berikan dibawah, jika sudah ekstrak file download. Kemudian buka tab Device Manager —> Action —> Add Legacy Hardware —> Install Manual (Advance) —> Next —-> dan Next saja —> Next Have a Disk —> Browser —> Cari file WorldCup_Device —> Enter

Download Amlogic Driver

3. Pulpstone Amlogic Update USB Tool

Ini adalah aplikasi ketiga yang perlu kamu unduh ya teman-teman, setelah di unduh ekstrak aplikasi Pulpstone Amlogic di folder mana saja di komputer yang kamu gunakan.

Download Pulpstone Amlogic Update USB

4. Factory Reset

Setelah kamu memiliki beberapa bahan diatas, langkah selanjutnya yang perlu di lakukan adalah Factory Reset. Caranya bagaimana? Langsung saja pergi ke menu Settings/Pengaturan —> About/Tentang —> Data Factory Reset —> kemudian pada kolom password isikan 6321 —> OK

5. Buka Aplikasi USB Burning Tools

Jika sudah lanjut ke langkah yang kelima yakni buka aplikasi USB Burning Tools yang sudah kamu install di komputer atau laptop yang digunakan. Setelah terbuka silahkan ubah bahasanya menjadi bahasa inggris agar mudah mengikuti tutorial yang kami berikan.

Baca Juga :   Cara Mudah Membuka Console Terminal Atom

Aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi perangkat STB yang kamu gunakan di komputer kamu ya.

6. Koneksikan STB dengan Komputer

Selanjutnya kamu tinggal mengkoneksikan STB dengan komputer yang kamu gunakan saat ini, caranya cabut kabel power STB . Tahan tombol power dan kemudian sambungkan STB ke komputer dengan menggunakan kabel USB male to male di slot USB ke 2.

Kemudian cek di aplikasi USB Burning Tools apakah STB yang digunakan sudah terdeteksi.

7. Buka Aplikasi Pulpstone Amlogic Update USB Tool

Selanjutnya buka aplikasi Pulpstone Amlogic, aplikasi ini dapat kamu cari di folder tempat kamu ekstrak sebelumnya. Buka aplikasi dan tekan saja enter enter enter tunggu sampai proses selesai 100% dan muncul tulisan success.

Jika proses installasi sudah selesai, cabut kabel STB ke komputer kemudian hubungkan STB ke televisi.

8. Backup & Reset

Nah, langkah ke 8 ini merupakan salah satu step yang wajib kamu lakukan ya, setelah berhasil menghubungkan STB ke televisi dan ketika STB sudah menyala set TV Launcher —> Alaways —> Factory Reset dengan menuju ke menu Setting —> More Setting —> Backup & Reset.

9. Buka Terminal

Setelah proses diatas selesai langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah buka terminal emulator dan ketik perintah berikut:

su ---> Enter

sh /system/gigi/gigi ---> Enter

10. Selesai

Bagaimana mudah bukan? Perlu di ketahui bahwa file size dari room ini memang terlihat besar tapi sebenarnya room ini sangatlah ringan digunakan. Pada room ini juga tidak tersedia aplikasi Google apapun ataupun aplikasi android lainnya.

Jadi, jika kamu ingin menginstall aplikasi android silahkan download aplikasi yang ingin di install dari google.

Demikian tutorial cara unlock dan root STB IndiHome ZTE/Huawei yang dapat kamu lakukan dengan mudah, semoga dengan adanya tutorial kali ini dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan. Terimakasih

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.