Tips dan Cara Reset Printer Canon Mp287 Error B200, Ikuti Langkahnya!

Cara reset printer Canon mp287 Error B200 sebenarnya bisa saja salah bila dilakukan dengan asal. Kesalahan langkah dapat menyebabkan canon mp287 ini mengalami gangguan hardware.

Berbicara mengenai Error B200 biasanya diakibatkan oleh gagalnya fungsi dari cartridge printer. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  • Posisi yang terganjal atau kurang pas karena pemakaian tanpa istirahat.
  • Permasalahan hardware dan komponen pada motherboard.
  • Buruknya arus power supply.
  • Psu yang bermasalah dan lainnya.

Oh ya, pada artikel sebelumnya admin juga sudah ulas cara atasi Error B200 pada Printer Canon IP2770, mungkin kamu bisa membacanya jika sedang mengalami masalah tersebut. Cek aja langkah-langkahnya dalam artikel tersebut.

Cara Reset Printer Canon Mp287 Error B200

Terdapat cara teknikal untuk memperbaiki error dengan kode B200. Bila kerusakan ringan maka kita dapat mengatasinya melalui langkah reset manual.

Baca Juga:   Tips dan Cara Print Power Point Bolak Balik Otomatis Paling Mudah

Berikut adalah cara reset manual bila canon Mp287 Anda mengalami Error B200:

  1. Matikan printer, namun kabel daya tetap tersambung.
  2. Tekan tombol reset atau stop selama dua detik.
  3. Iringi proses tersebut dengan menekan/menahan tombol power. (Maka kesimpulannya menekan reset dahulu lalu power dan lepaskan tombol reset).
  4. Setelah tombol reset dilepas dan tombol power masih ditekan, maka tekan lagi tombol reset sebanyak 6 kali.
  5. Setelah itu reset dan power dilepas secara bersamaan.

Cara di atas biasanya ampuh untuk mengatasi error. Namun terkadang kita harus melakukan langkah selanjutnya.

Yaitu dengan menginstal ulang driver dari printer canon Mp287.

Bila tidak memiliki driver bawaan, Anda dapat mendownloadnya di web official canon. Carilah driver dengan seri yang sama, yaitu driver canon Mp287.

Setelah melakukan langkah di atas dan melakukan instal ulang pada driver, seharusnya printer sudah kembali normal.

Hati –Hati Kerusakan Hardware Printer Canon Mp287

Kerusakan B200 ini juga karena perangkat printer yang mengalami kerusakan. Tentunya cara reset manual di atas tidak akan berfungsi bila hardware atau komponen printer terdapat kerusakan.

Baca Juga:   Cara Reset Printer Canon MP237, Cukup Lakukan 2 Langkah Mudah dan Sederhana ini

Kasus yang sering terjadi saat mengalami error B200 diakibatkan resistor yang bermasalah pada motherboard. Resistor tersebut memiliki kode R301.

Maka cara memperbaikinya melepas dengan solder dan menggantinya. Bila Anda penasaran, maka dapat ditanyakan ke toko elektronik atau ke toko printer terdekat.

Pentingnya mengetahui kerusakan resistor R301 ini, bertujuan agar kita lebih paham dalaman printer. Terutama menghindari dari oknum tempat service abal- abal.

Permasalahan Lain Pada Perangkat Printer

Permasalahan lain biasanya terletak dari cartridge. Komponen cartridge terdiri dari dua jenis yaitu:

  1. Kepala Cartridge.
  2. Dudukan Cartridge atau cartridge unit.

Yang dapat dilakukan untuk mengatasi B200 bisa saja dengan membersihkan dahulu kotoran tinta yang ada pada kedua komponen di atas.

Selain permasalahan cartridge tadi, Error P10 atau B200 ini dapat diakibatkan karena motherboard printer yang rusak. Bila Anda berani membongkarnya, coba sekali- kali membongkarnya.

Baca Juga:   Cara Instal Printer Canon MP287 Tanpa CD Driver, Ini Tutorial Selengkapnya!

Tentu saja hal tersebut dapat dilakukan ketika Anda memiliki perangkat pendukung yang lengkap, seperti obeng dan lainnya. Membongkar dapat dilakukan apalagi sudah tidak memiliki garansi.

Meskipun tidak disarankan, namun hal ini dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan komponen. Bila motherboard bermasalah maka akan ada bercak hangus karena terbakar.

Jangan Memaksakan Printer Canon Mp287

Memakai printer dengan mesin lama seperti canon Mp287 ini haruslah hati-hati. Terutama bila kita hendak melakukan printing ratusan lembar.

Sehingga hal bijak yang dapat dilakukan adalah mengistirahatkan proses printing per-20 lembar dengan jeda 10 sampai 15 menit.

Bila dilihat dari permasalahan hardware di atas, maka sudah pasti masalah Overheat yang mampu merusak komponen hardware printer.

Jadi, cara reset printer Canon Mp287 Error B200 di atas dapat langsung dicoba agar printer canon Anda dapat berfungsi normal kembali.

Semoga Informasi cara reset printer Canon Mp287 Error B200 ini bisa bermanfaat dan mampu mengatasi permasalahan printer yang sedang kalian hadapi. Selamat Mencoba ya!

Leave a Comment