Cara Ganti Cartridge Canon G1010 dengan Mudah, Hindari Error Pemasangan!

Cara ganti cartridge Canon G1010 sangat mudah dilakukan. Merk Canon adalah salah satu dari merk printer yang lumayan terkenal. Perusahaan asal Jepang ini memproduksi beberapa produk untuk gambar dan optik seperti kamera, lensa, mesin fotokopi, dan juga printer.

Permintaan printer merek Canon juga cukup banyak karena harganya yang cukup terjangkau dan kualitas hasil gambar yang mumpuni.

Cartridge merupakan komponen printer yang sangat penting. Fungsinya yaitu untuk menampung tinta dan mencetak dokumen atau gambar yang diperlukan.

Cartridge biasanya berbentuk seperti kotak dan akan mengeluarkan tinta di ujungnya. Maka dari itulah dokumen dapat di cetak di atas kertas putih.

Seringkali pemilik printer kesulitan untuk mengganti cartridge yang mereka punya sehingga kesulitan untuk melakukan printing dokumen.

Untuk itulah maka Anda yang mengoperasikan dan memiliki printer harus bisa mengganti cartridge sendiri.

Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Ganti Cartridge Canon G1010

Sebelum Anda mengganti cartridge, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah melepas cartridge dari mesin printer.

Jika salah melepas, mesin printer bisa patah dan tidak dapat digunakan lagi. Maka dari itu Anda harus melakukannya secara perlahan dan mengikuti petunjuk yang ada.

Cartridge juga merupakan barang yang cukup mahal. Harganya bisa mencapai ratusan ribu per buah.

Selalu gunakan cartridge yang asli dan jangan menggunakan yang palsu. Penggunaan cartridge palsu dapat merusak printer sehingga menjadi cepat rusak.

Untuk seri Canon G1010 menggunakan kotak tinta sehingga cartridge harus dibuka terlebih dahulu.

Beberapa caranya yaitu:

  1. Bukalah penutup printer dengan mengangkatnya ke atas. Hati-hati jangan sampai rusak atau patah.
  2. Setelah terbuka, cartridge akan berjalan ke tengah dengan sendirinya sehingga Anda dapat mengambil cartridge tersebut.
  3. Tekanlah penjepit cartridge secara perlahan lalu angkat ke atas.
  4. Ambil cartridge dari tempatnya dan angkat ke atas. Jangan sampai pegangan Anda terjatuh. Jangan juga menyentuh keluaran tinta.
  5. Jika tinta habis maka Anda dapat mengisi ulang dengan perlahan dan sesuai dengan spesifikasi warna yang ada disana. Jangan menggunakan warna lain dan mencampurnya. Hal ini akan membuat printer menjadi rusak.
  6. Setelah selesai, Anda dapat memasangnya kembali dan menutup tutup printer. Selanjutnya printer siap digunakan kembali.
Baca Juga:   Cara Mengatasi Error P02 Canon Mp287, Dijamin Berhasil Lho!

Mengisi Ulang Kotak Tinta

Apabila tinta printer sudah akan habis, maka printer akan mengeluarkan peringatan dan Anda bisa mengisinya dengan yang baru.

Anda juga harus memastikan tinta yang digunakan memiliki warna dan seri yang sama sehingga tidak merusak printer.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan yaitu:

  1. Buka penutup atas printer dan buka penutup kotak tinta. Disana terdapat kotak tinta hitam sebelah kiri dan tinta warna di sebelah kanan.
  2. Lepaskan penutup kotak tinta yang habis dan akan diisi ulang. Cara melepaskannya dengan memutar dan perlahan agar tinta tidak tumpah.
  3. Selanjutnya ambil kotak tinta baru dan buka tutupnya. Kotak ini juga harus dibuka secara perlahan agar isinya tidak tumpah.
  4. Selanjutnya tuangkan kotak tinta tersebut ke dalam botol yang ada di printer. Jangan menekannya terlalu keras karena memungkinkan isinya terpercik keluar. Isi dengan perlahan hingga tinta di tempat isi ulang habis.
  5. Selanjutnya tutup kotak tinta dan pastikan karetnya tidak terlepas.
  6. Selanjutnya tutup printer dan kembali siap digunakan.
Baca Juga:   Cara Reset Printer Canon MP237 Absorber Full dengan Mudah

Itulah beberapa cara ganti cartridge Canon G1010 dan juga mengisi ulang tintanya. Selalu berhati-hati saat menggunakan printer. Jangan sampai salah dan membuat printer Anda menjadi rusak.

Leave a Comment